Evaluasi BMR Kelas XII SMA/SMK/MA Bab 2 Kepengarangan Sastra Melayu Riau

Buku Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas XII SMA/SMK/MA ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: kosabudaya.id)

Soal-soal evaluasi ini merujuk kepada buku siswa Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas XII terbitan Narawita Swarna Persada. Buku ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Klik di sini untuk melihat tinjauan buku.

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: XII SMA/SMK/MA
Bab 2: Kepengarangan Sastra Melayu Riau

Bacaan Lainnya

I Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban yang benar!

1. “Hikayat Hang Tuah” menurut Teeuw termasuk sebagai karya…

a. puisi Melayu
b. prosa Melayu
c. fabel
d. cerita rakyat 
e. sastra lisan

2. Yang termasuk genre sastra naratif (prosa) dalam sastra Melayu asli adalah…

a. mantra
b. karmina
c. puisi
d. seloka 
e. koba 

3. Pelopor kepenulisan prosa detektif  Indonesia yang berasal dari Riau adalah…

a. Soeman Hs
b. Chairil Anwar
c. Hasan Junus
d. HB Jasin
d. Amir Hamzah

4. Sastrawan Indonesia berasal dari Riau yang bergelar presiden penyair Indonesia ialah… 

a.  Hasan Junus
b. Idrus Tintin
c. Ediruslan Pe Amanriza
d. Sutardji Calzoum Bachri
e. Ediruslan Pe Amanriza

5. Berikut ini yang tidak termasuk nilai-nilai khusus dalam membaca karya sastra Melayu Riau adalah…

a. beragam tafsir
b. ekspresif
c. kesan
d. a, b, dan c benar
e. semua salah

6. Syair yang berkisah tentang ikan terubuk dan putri puyu-puyu adalah…

a. Syair Perang Siak
b. Syair Khabar Ibarat
c. Syair Ikan Terubuk
d. Nazam Dua Sekawan
e. Syair Surat Kapal

7. Yang termasuk genre puisi pada sastra Melayu klasik adalah…. 

a. hikayat
b. koba
c. syair
d. gurindam 
e. cerita berbingkai

8. Membelek-belek karya sastra di Riau dalam dua abad terakhir, suatu hal yang dominan adalah usaha sastrawan Riau mendatangi diri. Usaha ini mereka lakukan melalui pendekatan…

a. sejarah
b. alam
c. mengasingkan diri
d. teknologi
e. semua salah

9. “Sulalatus Salatin” atau Sejarah Melayu dikarang pada sekitar tahun…

a. 1512
b. 1612
c. 1712
d. 1812
e. 1912

10. Pada umumnya bait-bait pantun terdiri dari empat baris. Dua baris pertama disebut…

a. sampiran
b. isi
c. ungkapan
d. perumpamaan
e. kiasan

11. Sastrawan Melayu yang dikenal dengan maha karyanya yang berjudul “Gurindam Duabelas” adalah…

a. Tenas Effendy
b. Sutardji Calzoum Bachri
c. Raja Ali Haji
d. Hasan Junus
e. Soeman Hs

12. Berikut ini yang tidak termasuk tokoh-tokoh sastra di Riau adalah…

a. Hasan Junus
b. Idrus Tintin
c. Ibrahim Sattah
d. Soeman Hs
e. Mara Rusli

13. Novel Bulang Cahaya adalah satu di antara novel kekinian yang ditulis oleh sastrawan Melayu. Novel ini ditulis oleh…

a. Ediruslan Pe Amanriza 
b. Hasan Junus
c. Soeman Hs
d. Rida K. Liamsi
e. Taufik Ikram Jamil

14. Pinggangnya ramping dadanya bidang
Apatah lagi lehernya jenjang
Pipinya seperti pauh dilayang
Siapa melihat berhati sayang 
Dahinya bagai sehari bulan
Sangatlah manis sembarang kelakuan
Sangatlah elok memberi rawan
Patutlah asalnya badan

Penggalan teks syair di atas adalah…

a. Syair Perang Siak
b. Syair Khabar Ibarat
c. Syair Ikan Terubuk
d. Nazam Dua Sekawan
e. Syair Surat Kapal

15. Walau berkisan tentang ikan terubuk dan puteri puyu-puyu, Syair Ikan Terburuk pada dasarnya mengabarkan tentang…

a. perebutan kekuaasaan di Siak
b. perebuatan kekuasaan di Pelalawan
c. perebuatan kekuasaan di Malaka
d. perebuatan kekuasaan di Johor
e. perebuatan kekuasaan di Inderagiri

II Esai
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!
1. Jelaskan bagaimana perkembangan sastra Melayu di Riau berdasarkan periodisasi (berdasarkan pengelompokan zaman)!
2. Bagaimana pengaruh sastrawan asal Riau, seperti Sutardji Calzoum Bachri dalam kesusastraan Indonesia setelah kemerdekaan?
3. Apa sajakah tahapan-tahapan yang perlu diperhatikan dalam menulis karya sastra Melayu Riau?
4. Jelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam sastra Melayu berdasarkan pengalaman pembaca!
5. Tuliskan tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam menumbuhkan kembali gairah menulis sastra di Riau tahun 90-an!

III Tugas Individu
Susunlah satu bentuk karya yang Kamu minati berdasarkan nilai-nilai kehidupan masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu.

IV Tugas Kelompok
Kumpulkan karya-karya sastra kawanmu sekelas, termasuk yang Kamu tulis, untuk dijilid menjadi satu kumpulan tulisan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar