Evaluasi BMR Kelas XII SMA/SMK/MA Bab 5 Kreasi Pakaian Melayu Riau

Soal-soal evaluasi ini merujuk kepada buku siswa Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas XII terbitan Narawita Swarna Persada. Buku ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Klik di sini untuk melihat tinjauan buku.

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: XII SMA/SMK/MA
Bab 5 : Kreasi Pakaian Melayu Riau

Bacaan Lainnya

I Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban yang benar!

1. Pakaian Melayu harus memiliki kualitas kecantikan seri gunung dan seri pantai. Ungkapan tersebut bermakna…

a. bergelombang dan berawan
b. hijau meneduhkan
c. indah dilihat dari jauh dan cantik dipandang dari dekat
d. indah dilihat cantik dipandang
e. cantik, anggun, dan indah 

2. Penilaian keindahan pakaian Melayu di istilahkan lima perdana yang bernilai tujuh laksana. Ungkapan tersebut bermakna…

a. lima kecantikan dengan nilai tujuh bintang
b. keindahan dan kecantikan serupa tujuh bintang
c. kecantikan kelas satu dengan nilai tujuh bintang
d. kecantikan laksana tujuh bintang
e. lima kencatikan dan tujuh keanggunan

3. Motif adalah hasil dari kreasi manusia. Dalam budaya Melayu, motif selalu disebut dengan istilah…

a. ragi atau corak
b. batik
c. lukisan
d. rupa
e. model

4. Dalam budaya Melayu dikenal ungkapan,  pantang memakai memandai-mandai. Maksud dari ungkapan tersebut adalah…

a. pakaian harus seuai corak dan jahitnya
b. pakaian tidak boleh terbuka  
c. pakaian harus bersih dan wangi
d. pakaian tidak boleh dikenakan secara senonoh
e. pakaian cantik dan mahal

5. Kain batik sering juga disebut dengan…

a. cindai
b. sindai
c. kebaya
d. belacu
e. satin

6. Proses menggulung benang yang sudah diwarnai dengan alat pelenting disebut dengan…

a. memerau
b. menyosop
c. menjalin
d. menganai
e. melantak

7. Tahapan menyusun benang menurut tata warna atau ragi disebut…

a. mengani
b. merentang
e. menjalin 
e. menyosop 
d. memerau

8. Istilah lain untuk menyebut alat tenun adalah…

a. kik
b. pelantak
c. penenun
d. penjalin
e. penganai 

9. Proses penenunan disebut dengan istilah…

a. mengani
b. memerau  
c. menjalin
d. menyosop 
e. melantak

10. Hampir seluruh wilayah budaya di Riau memiliki tradisi dan keahlian menganyam. Berikut adalah hasil kerajinan menganyam di Riau, kecuali…

a. tikar
b. kampil
c. bakul
d. perikat 
e. kepuk 

11. Kerajinan anyam pandan didukung oleh bahan anyaman yang banyak tersedia di Riau. Berikut adalah jenis pandan yang sering dijadikan anyaman…

a. rumbai dan mengkuang
b. rumbai dan pandan wangi
c. mengkuang dan rotan
d. nipah dan mengkuang
c. rotan dan akar

12. Selain berbahan dasar dari jenis pandan, bahan dasar lain yang dapat dianyam adalah, kecuali…

a. mengkuang
b. nipah
c. rumbia
d. bambu
e. rotan

13. Tikar pandan dan sejenisnya dianyam halus serta teliti kemudian diberi hiasan pinggir dengan warna-warni menarik, disebut…

a. tikar belambak
b. tikar dagang
c. tikar pandan
d. tikar corak
e. tikar dara

14. Tikar belambak digunakan pada upacara pernikahan. Orang-orang yang duduk di tikar belambak adalah…

a. datuk-datuk
b. pengantin
c. tamu dari pihal laki-laki
d. penghulu dan saksi
e. orang tua pengantin

15. Kreasi pakaian Melayu dalam bentuk ukiran sering kita lihat dalam keseharian atau dalam upacara tertentu. Kreasi ukiran dalam pakaian orang Melayu yakni…

a. keris
b. tempuling
c. beling
d. pisau
e. kapak

II Esai

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!
1. Jelaskan bagaimana sikap menghargai pakaian Melayu dan kreasi apa yang pernah dilakukan!
2. Uraikan proses menenun yang umum dilakukan orang Melayu!
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kecantikan seri gunung dan seri pantai!
4. Apa yang dimaksud dengan lima perdana yang bernilai tujuh laksana?
5. Sebutkan jenis-jenis bahan anyaman yang banyak terdapat di Riau!

III Tugas Individu
Identifikasilah beberapa pakaian tradisonal Melayu yang ada di tempat tinggalmu. Diskusikan hasil indentifikasimu dengan guru dan teman sekelasmu.

IV Tugas Kelompok
Buatlah kelompok yang terdiri atas lima hingga delapan orang siswa, kemudian buatlah kreasi pakaian Melayu yang jenis maupun bentuknya telah Kamu identifikasi. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar