Jawaban Esai BMR Kelas XII Bab 9 Kreasi Potensi Ekonomi Melayu Riau

Buku Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas XII SMA/SMK/MA ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: kosabudaya.id)

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: XII SMA/SMK/MA
Bab 9: Kreasi Potensi Ekonomi Melayu Riau

Soal-soal evaluasi ini merujuk kepada buku siswa Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas XII terbitan Narawita Swarna Persada. Buku ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Klik di sini untuk melihat tinjauan buku.

Bacaan Lainnya

II Esai
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!

1. Jelaskan perkembangan industri kreatif di bidang pasar barang seni di Riau saat ini!

Jawaban:
Perkembangan industri kreatif di bidang pasar barang seni di Riau bisa dilihat dari tersedinya sentra-sentra tenun di Bengkalis, Bukitbatu, Siak, dan Rengat. Selain itu, galeri lukisan juga tersedia di beberapa tempat di Pekanbaru.

2. Jelaskan peranan seni pertunjukan dalam kemajuan industri kreatif di Riau!

Jawaban:
Kejayaan seni pertunjukan pada masa lampau bisa dilihat dari pertumbuhan mak yong, bangsawan, madihin, randai, dan seni pertujukan rakyat lainnya. Saat ini eksistensi seni pertunjukan memiliki beragam genre sebagai hasil dari kreativitas sanggar-sanggar kesenian di Riau.

3. Kabupaten Kepulauan Meranti dikenal sebagai satu di antara daerah penghasil sagu di Riau. Jelaskan penganan apa saja yang diolah dari bahan dasar sagu!

Jawaban:  
Kue bangkit, itak sagu, kepurun, nasi sagu, dan kerupuk sagu.

4. Jelaskan perbedaan tata cara membuat lemang pulut dengan lemang tepung!

Jawaban:
Lemang Pulut. Membuat lemang pulut memerlukan bahan-bahan berupa pulut, kelapa untuk diambil santan kentalnya, garam secukupnya, dan kadang-kadang ditambah kemiri dan daun bawang. Buluh untuk memasak lemang berukuran panjang sekitar 45 sentimeter. Di dalam buluh dibalut dengan daun pisang.  

Sebelum membuat lemang, pulut dibasuh dan ditiriskan, lalu dimasukkan ke dalam buluh sebanyak tiga perempat bagian buluh, seperempat bagian lagi diisi santan yang telah dicampur dengan sedikit garam. Buluh yang telah terisi dibakar di atas bara. Bila lemang telah masak, isinya akan tersembul diujung buluh. Untuk memadatkan isi, buluh perlu dihentak-hentakkan. Bila akan dihidangkan, lemang dikeluarkan dari dalam buluh dengan cara dibelah. Lemang bisa dimakan dengan tapai pulut, rendang,  dan durian.

Lemang Tepung. Lemang tepung menggunakan tepung gandum atau tepung pulut sebagai bahan utama. Tepung kemudian dicampur dengan santan dan gula merah. Proses selanjutnya adalah memasukan adonan ke dalam bambu seperti halnya memasak lemang pulut.

5. Tulislah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat gelamai dan jelaskan tata cara pengolahannya!

Jawaban:
Bahan yang diperlukan membuat gelamai adalah tepung ketan, gula merah, dan kelapa. Pengolahannya, kelapa diambil santannya kemudian dimasak dengan gula dan tepung sambil terus diaduk. Masak sampai mengental (kira-kira tinggal 1/3 bagian).

Rujukan:
Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. 2020. Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas XII. Pekanbaru: Penerbit Narawita Swarna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *