Jawaban Esai BMR Kelas X SMA/SMK/MA Bab 5 Pakaian Melayu Riau

Buku Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas X SMA/SMK/MA ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: kosabudaya.id)

Soal-soal evaluasi ini merujuk kepada buku siswa Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas X terbitan Narawita Swarna Persada. Buku ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Klik di sini untuk melihat tinjauan buku.

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: X SMA/SMK/MA
Bab 5: Pakaian Melayu Riau

Bacaan Lainnya

II  Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!

1. Jelaskan apa makna dan fungsi pakaian dalam kebudayaan orang Melayu!

Jawaban:
Makna pakaian bagi orang Melayu seperti dijelaskan dalam ungkapan, kalau hendak melihat orang yang tahu diri, tengok kepada pakaian diri.

Tahu diri dapat dilihat dari ketentuan adat yang menetapkan bahwa pakaian harus sesuai dengan status pemakai, benar cara memakai, tepat penggunaan, betul tempat memakai, benar tujuan memakai, dan sempurna pula alat dan kelengkapan pakaian.

2. Jelaskan tentang motif dan model jahitan yang sesuai dengan ketentuan adat serta adab dalam kebudayaan Melayu!

Pembahasan:
Motif pakaian Melayu diambil dari bagian-bagian tumbuhan seperti pucuk rebung, pucuk paku, bunga cengkeh, dan bunga kundur. Ada pula yang dibubuhkan dalam bentuk hewan-hewanan seperti siku keluang, naga-naga, ikan-ikanan, itik sekawan, lebah bergayut, itik pulang petang, dan ayam-ayaman.

Model jahitan mesti menutup aurat, longgar atau tidak menonjolkan bentuk tubuh pemakai. Model pakaian seperti ini adalah baju kurung cekak musang, baju kurung teluk belanga, baju kebayah laboh, dan baju kebaya pendek.

3.   Deskripsikan pakaian dan perlengkapan bagi orang Melayu jika hendak pergi ke ladang!

Jawaban:
Pakaian menghadap (akan beraktivitas)  ke ladang adalah menggunakan baju lengan panjang, celana panjang, sepatu karet, dan bertengkuluk. Pakaian tersebut dilengkapi dengan peralatan ke ladang, yakni gedubang, tajak, cangkul, ambung atau bakul dan lain sebagainya.

4. Jelaskan apa saja aturan dan simbol yang ada ketika seorang laki-laki mengenakan kain samping!

Jawaban:
a. Kepala kain menghadap ke belakang
b. Tepi kain samping di atas lutut untuk laki-laki yang belum menikah
c. Tepi kain samping di bawah lutut untuk yang telah menikah

5. Jelaskan apa saja aturan dan simbol yang ada ketika seorang perempuan mengenakan kain samping!

Jawaban:
a. Kepala kain menghadap ke depan
b. Tepi kain di bawah lutut

Rujukan:
Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas X. Pekanbaru: Penerbit Narawita.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *