Evaluasi BMR Kelas XII SMA/SMK/MA Bab 1 Kearifan Melayu dalam Pemanfaatan Alam

Buku Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas XII SMA/SMK/MA ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: kosabudaya.id)

Soal-soal evaluasi ini merujuk kepada buku siswa Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas XII terbitan Narawita Swarna Persada. Buku ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Klik di sini untuk melihat tinjauan buku.

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: XII SMA/SMK/MA
Bab 1: Kearifan Melayu dalam Pemanfaatan Alam

Bacaan Lainnya

I Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban yang benar!

1. Berbagai puak memiliki pola ruang hutan-tanah yang dirancang untuk membantu pendukungnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Pola ruang yang dirancang orang Melayu sebagai berikut, kecuali…

a. kawasan perairan
b. tanah perladangan
c. rimba
d. tanah perumahan
e. perkampungan

2. Kawasan Melayu Riau yang dikenal sebagai wilayah aquatik, yakni perairan. Berikut adalah sungai besar yang terdapat di Riau, kecuali…

a. Siak  
b. Pelalawan
c. Rokan
d. Kampar
e. Kuantan

3. Sehabis masa subur tanah untuk tanaman musiman, orang Melayu menjadikan lahan bekas ladang sebagai tanah perkebunan untuk mengembalikan pada fungsi hutan. Tanaman yang biasa ditanam dalam kebun tersebut adalah…

a. sawit
b. kelapa
e. palawija
c. karet
d. jati

4. Riau memiliki hutan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling. Dalam hutan ini terdapat dua kawasan negeri yang bernama…

a. Luhak Batu Songgan dan Rantau Subayang 
b. Bukit Tiga Puluh dan Rantau Subayang
c. Luhak Batu Songgan dan Bukit Suligi
d. Teso Nilo dan Rantau Subayang
e. Lipatkain dan VIII Koto Setingkai 

5. Berladang termasuk ke dalam cara orang Melayu dalam memanfaatkan alam dengan menanam tanaman musiman. Berladang yang dilakukan orang Melayu umumnya adalah…

a. palawija  
b. ladang tinggal
c. ladang ternak  
d. ladang kasang
e. ladang minyak

6. Membuka ladang, biasanya dikerjakan dengan gotong royong. Kegiatan gotong royong tersebut dinamakan…

a. pekerjaan borongan
b. batobo
c. membantu anggota masyarakat
d. menugal dan membenih
e. pembagian kerja

7. Pengolahan hutan-tanah diatur dalam ketentuan adat secara ketat. Orang Melayu dilarang mengolah hutan, kecuali…

a. hutan larangan dan hutan simpanan
b. hutan simpanan atau cadangan
c. rimba kepungan sialang dan hitan simpanan
d. hutan larangan dan rimba kepungan sialang
e. salah semua

8. Membersihkan daun, memotong dahan dan ranting maupun sisa-sisa kayu yang berserakan di tepi lahan yang dekat dengan hutan sekeliling ladang untuk dikumpulkan ke tengah ladang disebut…

a. merintis
b. menutuh
c. membenih
d. melandang
e. memerun

9. Mengumpulkan dahan serta batang kayu yang masih tersisa setelah pembakaran di tempat tertentu untuk dibakar kembali, disebut dengan istilah… 

a. memerun
b. menugal
c. membenih
d. menutuh
e merintis

10. Kerajaan Melayu Pelalawan pernah menentukan batas hutan tanah untuk tiap batin di kawasan kerajaan. Suku asli yang terdapat di kawasan kerajaan Pelalawan adalah

a. Sakai
b. Akit
c. Talang Mamak
d. Suku Laut
e. Petalangan

11. Orang yang merusak lingkungan disamakan dengan hewan.Satu di antara tunjuk ajar yang menyebutkan hal tersebut adalah…

a. siapa merusak kampung dan hutan, samalah ia seperti cipan
b. siapa merusak dusun dan ladang, samalah ia dengan hewan
c. siapa merusak sungai dan laut, samalah ia dengan belut
d. siapa merusak kebun dan sawah, samalah ia dengan gajah
e. siapa yang merusak hutan, samalah dengan beruk

12. Berikut adalah tanah perkampungan terdapat ruang-ruang yang dimanfaatkan oleh anggota masyarakat dalam menjalankan berbagai aktivias sosial, budaya, dan ekonomi. Berikut adalah ruang-ruang di tanah perkampungan, kecuali…

a. tanah pekarangan
b. teratak
c. dusun
d. tanah perkuburan
e. kepungan sialang

13. Rimba bagi masyarakat Melayu merupakan kosmos karena berfungsi sebagai pusat keseimbangan hidup, penghubung antara alam tanah dan alam langit (magi/trandensi). Secara umum, rimba bagi orang Melayu diklasifikasikan sebagai berikut…

a. rimba kepungan sialang, rimba larangan, dan rimba simpanan atau cadangan
b. rimba larangan, tanah peladangan, dan rimba simpanan atau cadangan
c. rimba larangan, tanah perkampungan, dan rimba kepungan sialang
d. tanah peladangan, tanah perkampungan, dan hutan-tanah
e. tanah perkampungan, rimba kepungan sialang, dan rimba larangan

14. Yang dimaksud dengan rimba larangan adalah…

a. rimba yang dilindungi secara adat sebagai tempat simpanan air, flora, dan fauna
b. rimba yang dimanfaatkan untuk membuka tanah peladangan
c. rimba yang digunakan untuk membuka perkampungna
d. rimba kepungan sialang yang difungsikan sebagai tempat berladang
e. rimba yang dijadikan sebagai tempat berburu dan meramu

15. Beramu tidak merusak kayu 
Berotan tidak merusak hutan 
Bergetah tidak merusak rimba 
Berimba tidak merusak tanah 
Berkebun tidak merusak dusun 

Simpulan dari tunjuk ajar di atas yang tepat adalah…

a. bekerja untuk kehidupan yang lebih baik
b. aktivitas ekonomi bisa dilakukan dimana saja
c. apapun yang dilakukan tidak merusak alam lingkungan
d. berusaha sekeras tenaga
e. berbagai bidang pekerjaan orang Melayu

II Esai
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!
1. Jelaskanlah tentang kearifan orang Melayu dalam memanfaatkan alam yang ada di lingkungan tempat tinggalmu!
2. Jelaskanlah tata cara orang Melayu berladang dalam tradisi batobo!
3. Jelaskanlah pembagian tata ruang lingkungan yang termasuk ke dalam kekuasaan kampung dalam adat Melayu!
4. Jelaskanlah tentang cara orang Melayu mengembalikan fungsi hutan setelah tanah ladang tidak dapat dipakai untuk menanam tanaman musiman!
5. Jelaskanlah bagaimana cara orang Melayu mengembalikan kesuburan tanah perladangan secara alami!

III Tugas Individu
Carilah pantang larang yang berkaitan dengan pemanfaatan hutan yang berada di tempatmu. 

IV Tugas Kelompok
Bentuklah kelompok yang terdiri dari 4 atau 5 siswa. Susunlah sebuah makalah yang berkaitan dengan kearifan lokal tentang alam yang terdapat di tempatmu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar