13. Motif lainnya seperti motif kaki bawah yang dibuat sambung menyambung, dimaknai sebagai…
a. bentuk kesatuan dan kekompakan rakyat dalam kerajaan
b. perjalanan kehidupan yang panjang
c. kemandirian negeri dan rakyatnya
d. kekuasaan sultan yang sangat luas
e. kegotongroyongan dan persatuan
Pembahsaan:
Motif lainnya seperti motif kaki bawah yang dibuat sambung menyambung, dimaknai sebagai bentuk kesatuan dan kekompakan rakyat dalam kerajaan. Kekompakan dan kesatuan rakyat diyakini sebagai benteng yang paling kuat dan tidak bisa ditembus oleh kekuatan dari luar. Selain itu, motif kaki bawah juga dimaknai sebagai budaya Melayu yang berfungsi sebagai benteng bagi masyarakat Melayu. Benteng yang menjaga tingkah laku orang Melayu agar selalu dalam koridor norma dan nilai budaya.
Jawaban: a. bentuk kesatuan dan kekompakan rakyat dalam kerajaan
14. Motif pecah piring berkenaan dengan hidup dalam keluarga maupun masyarakat. Makna yang disimbolkan dalam motif ini aadlah…
a. bermakna pentingnya saling berbagi
b. perpecahan menjadikan bangsa lemah
c. perpecahan menjadikan hidup sia-sia
d. perpecahan akibat benturan
e. perpecahan merusak persaudaraan
Pembahasan:
Motif pecah piring bermakna pentingnya saling berbagi, baik dalam keluarga maupun masyarakat
Jawaban: a. bermakna pentingnya saling berbagi
15 Motif dari seperti bunga selalu dikaitkan dengan keindahan. Tetapi ada pula pemaknaan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Motif bunga melur dimaknai…
a. keceriaan dan kebahagiaan
b. keindahan dan keharuman
c. ketaatan dan keikhlasan
d. kesucian dan ketulusan hati
e. kemuliaan dan kecintaan
Pembahasan:
Motif bunga melur dimaknai kesucian dan ketulusan hati
Jawaban: d. kesucian dan ketulusan hati
Rujukan:
Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. 2020. Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas XI. Pekanbaru: Narawita Swarna Persada.