Evaluasi BMR Kelas XI SMA/SMK/MA Bab 1 Hubungan Manusia dengan Alam dalam Tunjuk Ajar Melayu

Soal-soal evaluasi ini merujuk kepada buku siswa Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas XI terbitan Narawita Swarna Persada. Buku ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Klik di sini untuk melihat tinjauan buku.

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: XI SMA/SMK/MA
Bab 1: Hubungan Manusia dengan Alam dalam Tunjuk Ajar Melayu

Bacaan Lainnya

I Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban yang benar!

1. Orientasi ruang masyarakat Melayu berdasarkan kepada…
a. daratan
b. laut dan sungai
c. ladang dan kebun
d. hutan
e. tasik

2. Kehadiran Islam di alam Melayu merupakan pertanda dimulainya babak baru. Islam menjadi sumber bagi adat Melayu.

Pendapat ini dikemukakan oleh…

a. Yusmar Yusuf
b. Tenas Effendy
c. Soeman Hs
d. Mukhtar Samad
e. Hasbullah

3. Berikut ini yang termasuk adat yang dapat berubah suai mengikuti perkembangan zaman meskipun melalui berbagai proses tertentu, kecuali…

a. adat sebenar adat 
b. adat yang teradatkan
c. adat yang diadatkan 
d. adat istiadat
e. semua benar

4. Tujuan utama orang Melayu memperhatikan dan menjaga alam, kecuali…

a. agar alam tidak rusak 
b. memastikan kehidupan untuk anak cucunya
c. menghindari bencana alam
d. untuk memperkaya diri
e. alam adalah simbol marwah

5. Dalam tunjuk ajar Melayu, orang yang memerhatikan dan menjaga alam lingkungan ditempatkan pada posisi…

a. abadi
b. patut
c. setia
d. terpuji
e. istimewa

6. Orang Melayu menitikberatkan motivasi untuk menjaga alam sehingga bagi orang-orang yang telah berhasil menjaga alam akan memperoleh sebutan yang setara dengan pemimpin yakni…

a. amanah
b. jujur
c. rajin
d. cerdas
e. bijaksana

7. Manakah yang tidak termasuk ke dalam petuah amanah dalam tunjuk ajar Melayu yang dikemukakan oleh Tenas Effendy…

a. petuah amanah alam lingkungan
b. Petuah amanah mendidik dan membela Anak
c. petuah amanah pembinaan rumah tangga dan keluarga sejahtera
d. petuah amanah kesetiakawanan sosial
e. petuah amanah mencari reski kekayaan

8. Dalam ritual menumbai (mengambil madu), lebah diibaratkan oleh juagan sebagai ‘kekasih.’ Makna tersirat dari ‘kekasih’ yang diibarakatn juagan adalah…

a. lebah cantik
b. madu lebah manis
c. lebah harus disebut demikian
d. menghormati lebah sebagai simbol menghargai alam
e. lebah mahluk sensitif

9. Tanda ingat ke anak cucu, merusak hutan hatinya malu

Ungkapan tersebut bermaksud…

a. ingatlah kepada anak cucu 
b. merusak hutan menjadi kebanggaan
c. malu kepada anak cucu 
d. jangan tamak menjadi orang
e. membuka hutan demi ekonomi 

10. Tanda orang berfikiran [berpikiran, pen.] luas, memanfaatkan hutan ianya awas

Ungkapan tersebut bermakna…
a. kehati-hatian menjaga alam 
b. alam sebagai ilmu pengetahuan
c. janganlah menghabiskan hutan 
d. berpikirlah dalam memanfaatkan hutan
e. memanfaatkan hutan demi keuntungan pribadi

11. Yang bukan termasuk keperluan orang Melayu dalam memanfaatkan alam (hutan) adalah…

a. membangun tempat tinggal 
b. sebagai tempat berburu
c. sebagai ladang untuk bertani 
d. memperbanyak kebun seluas-luasnya
e. memanfaatkan hutan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi 

12. Tanda ingat kepada Tuhan, Menjaga alam ia utamakan

Makna tunjuk ajar di atas adalah…

a. menjaga alam adalah tanda ketaatan kepada Tuhan
b. menjaga alam adalah tanda orang berwibawa
c. menjaga alam adalah tanda orang patut
d. menjaga alam adalah tanda orang kaya
e. menjaga alam adalah tanda orang baik

13. Apa tanda hidup beriman, Tahu menjaga kampung halaman

Makna dari ungkapatan di atas adalah…

a. menjaga kampung halaman  tanda ketaatan kepada Tuhan
b. menjaga kampung halaman  tanda orang berwibawa
c. menjaga kampung halaman  tanda  orang patut
d. menjaga kampung halaman  tanda kaya
e. menjaga kampung halaman  tanda  orang baik 

14. Menjaga alam lingkungan dimaksudkan untuk menjamin kehidupan masa depan. Makna masa depan adalah…

a. setelah tua nanti
b. satu generasi
c.. generasi ke generasi selanjutnya
d. anggota komundal
e. kemampuan ekonomi

15. Mengambil madu di batang sialang di sebut…

a. manumbai
b. meramu
c. berburu
d. menjerat
e. memikat

16. Satu bentuk menjaga kelestarian alam adalah dengan menjaga rimba kepungan sialang. Rimba kepungan sialang adalah…

a. rimba yang menjadi tempat keberadaan batang sialang
b. rimba tempat berladang dan berkebun
c. rimba yang akan menjadi cikal bakal dusun dan kampung
d. rimba larangan tempat berburu dan meramu
e. rimba yang menghasilkan berbagai hasil alam seperti rotan, damar, dan buah-buahan

II Esai

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!

1. Bagaimana hubungan manusia dengan alam dalam tunjuk ajar Melayu?

2. Jelaskan mengapa dalam tunjuk ajar Melayu menggunakan kata “ingat” untuk ungkapan “tanda ingat kepada Tuhan/menjaga alam diutamakan!

3. Terangkan apa kaitan menjaga alam dalam tunjuk ajar Melayu dengan ajaran Islam!

4. Mengapa sasaran menjaga alam maupun lingkungan hidup dalam tunjuk ajar Melayu adalah untuk menjamin masa depan?

5. Jelaskan kedudukan alam (hutan-tanah) dalam tunjuk ajar Melayu!

III Tugas Individu

Identifikasilah tradisi orang Melayu di daerah tempat tinggalmu dalam pemanfaatan hasil alam. Diskusikan hasil identifikasimu dengan guru dan teman sekelasmu.

IV Tugas Kelompok

Buatlah sebuah kelompok yang beranggotakan 4-5 orang siswa. Susunlah laporan tentang tunjuk ajar Melayu yang terdapat di tempatmu tentang kepatuhan dan dialogik orang Melayu terhadap alam lingkungan.

Sumber:
Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, Syaiful Anuar. 2020. Pendidikan Budaya Melayu Riau tingkat SMA/SMK/MA Kelas XI. Pekanbaru: Narawita Swarna Persada

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar