Evaluasi BMR Kelas XI SMA/SMK/MA Bab 9 Industri Kreatif Melayu

Soal-soal evaluasi ini merujuk kepada buku siswa Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas XI terbitan Narawita Swarna Persada. Buku ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Klik di sini untuk melihat tinjauan buku.

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: XI SMA/SMK/MA
Bab 9: Industri Kreatif Melayu

Bacaan Lainnya

I Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban yang benar!

1. Industri kreatif Melayu merujuk kepada kreativitas khas orang-orang Melayu yang bersumber dari…

a. media tulis
b. penelitian dan pengembangan
c. kearifan lokal (lokal wisdom)
b. meniru kreatif bangsa lain
e. televisi dan radio

2. Berikut adalah ciri khas produk kreatif Melayu, kecauli…

a. bahan baku dari alam atau lingkungan sekitar
b. dikerjakan secara tradisional 
c. mengandalkan kemahiran (kebiasaan) 
d. penggunaan teknologi yang sederhana
e. menggunakan teknologi modern

3. Industri kreatif merupakan industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan memberdayakan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. 

Depenisi di atas dikemukana oleh…

a. ahli industri kreatif
b. United  Nations  Conference  on  Trade  and  Development
c. Kemendag RI
d. pelaku industri kreatif
e. semua benar

4. Berikut adalah contoh hasil produk kreatif bidang perkebunan, kecuali…

a. gula enau
b. gula tebu
c. kopi
d. penganan dari pulut
e. alat penangkap ikan

5. Industri kreatif perikanan umumnya berupa pengolahan ikan dalam bentuk…

a. ikan kaleng
b. pengembangbiakan
c. masakan dan pengawetan
d. eksportir
e. pembenihan

6. Berikut produk industri kreatif bidang perikanan, kecuali…

a. ikan salai
b. belacan
c. gulai patin
d. gulai asam pedas
e. gula enau

7. Belacan dari Bagansiapiapi pernah menjadi komoditas ekspor hingga ke India Barat pada abad…

a. 15
b. 16
c. 17
d. 18
e. 19

8. Berikut adalah peralatan berbahan pandan yang dihasilkan dari produk bidang perhutanan, kecuali…

a. tikar pandan
b. bakul
c. kembut
d. perikat
e. tangguk

9. Hasil menganyam tidak hanya memenuhi nilai fungsional, tetapi juga dihiasi dengan motif yang mengandung nilai-nilai. Berikut adalah motif  yang sering digunakan dalam menyanyam pandan, kecuali…

a. motif lipat atau lepih
b. motif gigi hiu
c. motif garis putus
d. motif belah ketupat
e. motif bunga pakis

10. Perikat dan kembut adalah hasil anyaman yang pandan yang berfungsi sebagai…

a. mengangkuat hasil ladang
b. membawa hasil tangkapan ikan
c. menyimpan peralatan ladang
d. tempat peralatan perikanan
e. mengangkuat hasil kebun seperti karet

11. Peralatan penangkap ikan dibuat dari bahan-bahan yang bersumber langsung dari alam. Berikut adalah bahan-bahan yang sering digunakan untuk membuat peralatan perikanan…

a. rotan, pandan, nilon, dan buluh
b. rotan, buluh, nilon, dan pandan
c. rotan, nilon, kayu, dan pandan
d. rotan, buluh, kayu, dan akar
e. rotan, pandan, buluh, dan nilon

12. Anyaman terbuat dari daun pandan berjenis mengkuang yang dijalin membentuk keranjang seperti silindris dan pada bagian atas diberi rotan dan telinga untuk menguatkan kerangka disebut…

a. kajang
b. bakul
c. keruntung
d. kembut
e. perikat

13. Bahan pengawet makanan yang sering digunakan orang Melayu adalah

a. lada, merica, dan garam
b. garam,  gula, dan cuka
e. ketumbar, jahe, dan bawang
d. merica, asam, dan cuka
e. bawang, lada, dan garam

14. Pengawetan makanan dilakukan dengan teknik yang sederhana namun mampu menjadikan makanan tahan lama dan tidak menghilangkan kandungan gizi. Berikut yang bukan teknik yang umum digunakan adalah…

a. jemur
b. salai
c. sangai
d. peram
e. panggang

15. Berikut proses pengolahan air nira menjadi gula enau adalah, kecuali…

a. penyaringan
b. pemasakan
c. pengadukan
d. pencetakan
e. pembersihan tandan

II Esai
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!
1. Jelaskan pengertian dari industri kreatif Melayu!
2. Uraikan secara ringkas ciri khas produk kreatif Melayu!
3. Uraikan secara ringkas proses pengolahan nira menjadi gula enau!
4. Uraikan secara ringkas motif yang sering digunakan pada anyaman pandan!
5. Jelaskan teknik pengawetan yang dilakukan orang Melayu sehingga tahan lama dan tidak menghilangkan kandungan gizi!

III Tugas Individu
Identifikasi makanan tradisional Melayu yang terdapat di daerah tempat tinggalmu. Kemudian deskripsikan proses pengolahan makanan tersebut.

IV Tugas Kelompok
Bentuklah kelompok yang beranggotakan enam atau tujuh orang siswa. Praktikan pengolahan makanan yang telah Kamu susun sebelumnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *