Evaluasi BMR Kelas XI SMA/SMK/MA Bab 3 Tunjuk Ajar Jati Diri dalam Pergaulan Masyarakat Melayu

Soal-soal evaluasi ini merujuk kepada buku siswa Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas XI terbitan Narawita Swarna Persada. Buku ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Klik di sini untuk melihat tinjauan buku.

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: XI SMA/SMK/MA
Bab 3: Tunjuk Ajar Jati Diri dalam Pergaulan Masyarakat Melayu

Bacaan Lainnya

I. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang benar!

1. Jati diri orang Melayu dapat ditandai dalam tiga aspek dasar yang menjadi pengekal dari kemelayuannya. Ketiga aspek dasar tersebut adalah…

a. agama Islam, pakain diri, dan adab
b. agama Islam, resam Melayu, dan bahasa Melayu
c. agama Islam, adat, dan adab
d. agama Islam, resam Melayu, pakaian diri
e. agama Islam, adat Melayu, dan budi bahasa

2. Tingkatan bahasa yang digunakan oleh orang yang lebih muda kepada orang lebih tua disebut…

a. bahasa mendaki
b. bahasa menurun
c. bahasa tinggi
d. bahasa mendatar
e. bahasa melereng

3. Bahasa dalam adat dan budaya Melayu memiliki fungsi yang utuh. Berikut ini yang termasuk fungsi bahasa yang utuh adalah…

a. sebagai alat komunikasi 
b. sebagai cermin budi
c. sebagai penanda jati diri 
d. semua salah
e. a, b, dan c, benar

4. Orang yang dapat dijadikan panutan dan suri tauladan, tempat bertanya, pelindung, dan sebagainya disebut dengan…

a. alim ulama
b. kaum cendekia
c. orang patut
d. guru ngaji
e. ibu bapak

5. Ungkapan yang biasa digunakan orang Melayu untuk mengatakan orang yang melanggar adab disebut…

a. tak beradab
b. tak beradat
c. tak berbudi
d. kurang beradab
e. salah adab

6. Makna pepatah terkilas ikan dalam air tahulah ia jantan betina adalah…

a. tahu membedakan mana baik dan buruk
b. mampu memenuhi kebutuhan masyarakat
c. tempat bertanya dan berguru
d. mampu menyelesaikan berbagai permasalahan
e. memiliki jiwa yang suci dan bersih

7. Dalam penggunaan bahasa Melayu, terdapat empat derajat yang selalu menjadi tolak ukur dalam adab berbahasa, kecuali…

a. kata mendatar
b. kata mendaki
c. kata melereng
d. kata menurun
e. berkata lurus

8. Bahasa selalu dikaitkan dengan budi sehingga sering disebut budi bahasa. Istilah tersebut dapat dikaitkan dengan peribahasa…

a. berkata arif dalam berbahasa
b. bahasa menunjukkan bangsa
c. bercakap tahu berbudi bahasa 
d. bertutur bijak berkata-kata
e. bercakap baik pertanda bijak

9. Ungkapan pantang merobek baju di badan dimaknai sebagai…

a. menjaga aib dan malu 
b. pantang dipermalukan
c. pantang memberi malu
d. memelihara amarah
e. menjaga aib orang lain

10. Bila identitas menitikberatkan pada wujud indrawiah, maka, jati diri menitikberatkan pada wujud…

a. ilmiah
b. jasmaniah
c. ilmu
d. duniawi
e. batiniah

11. Raja Ali Haji mensyaratkan seseorang yang disebut beradab dan sopan harus mengetahui ‘ilmu wa al-kalam. Istilah ‘ilmu wa al-kalam diartikan sebagai…

a. pengetahuan dan bahasa
b. pendidikan bahasa
c. menulis dan berbicara 
d. menyimak dan menulis
e. berbiacara dan menulis

12. Adat yang asli dalam bentuk hukum-hukum alam yang bersumber dari Alquran dan hadis disebut…

a. adat yang sebenar adat 
b. adat yang teradat
c. adat yang diadatkan 
d. adat istiadat
e. adat pergaulan

13. Hukum, norma atau adat buah pikiran leluhur manusia yang piawai, yang kemudian berperanan untuk mengatur lalu lintas pergaulan kehidupan manusia di sebut…

a. adat yang sebenar adat 
b. adat yang teradat
c. adat yang diadatkan 
d. adat istiadat
e. adat pergaulan

14. Adat yang mengatur tentang budi pekerti sehingga membuat seseorang berbudi bahasa disebut…

a. adat yang sebenar adat 
b. adat yang teradat
c. adat yang diadatkan 
d. adat istiadat
e. adat pergaulan

15. Raja Ali Haji mensyaratkan seseorang yang disebut beradab dan sopan harus mengetahui ilmu wa al-kalam. Berikut adalah cakupan dari ilmu tersebut, kecuali…

a. al-mudarasah (mengulang-ulang)
b. al-muhafazat (menghafal)
c. muzakarah (berbincang untuk mengingat-ingat)
d. mutala’at (menelaah, meneliti kembali)
e. amanah dan sidiq

II Esai

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!

1. Bagaimana pemaknaan jati diri dalam konsep kebudayaan Melayu.

2. Jelaskan makna yang terkandung dalam ungkapan pedas lada hingga ke mulut, pedas kata menjemput maut. 

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan bahasa mendaki, bahasa mendatar, dan bahasa menurun dalam tata cara berbahasa orang Melayu dan berikan contohnya.

4. Jelaskan pengertian adab yang terdapat dalam ungkapan dahulukan adab barulah ilmu.

5. Pada saat ini banyak remaja seusiamu yang kurang memahami adab. Jelaskan apa-apa saja yang menyebabkan hal itu terjadi.

III Tugas Individu

Carilah ungkapan-ungkapan yang menunjukkan jati diri orang Melayu (agama Islam, resam Melayu, bahasa Melayu) di daerah tempat tinggalmu. Kemudian, jelaskan maksud ungkapan tersebut.

IV Tugas Kelompok

Lakukanlah latihan drama dari naskah yang telah Kamu buat, kemudian pentaskan di depan kelas.

Sumber:
Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, Syaiful Anuar. 2020. Pendidikan Budaya Melayu Riau tingkat SMA/SMK/MA Kelas XI. Pekanbaru: Narawita Swarna Persada

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *