Perangkat Pembelajaran BMR SMA/SMK/MA Kelas XI

Buku Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas XI SMA/SMK/MA ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: kosabudaya.id)

Perangkat pembelajaran adalah perlengkapan khas yang dapat digunakan sebagai petunjuk dan administrasi dan laporan pelaksanaan pengajaran. Perangkat pembelajaran disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran.

Sedangkan menurut pendapat ahli, perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.

Bacaan Lainnya

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran. 

Teknik penggunaan perangkat pembelajaran bisa didownload pada link ini.

RENCANA PELKASANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau
Satuan Pendidikan: SMA
Kelas/Semester: XI/Ganjil
Tahun Pelajaran: 2022/2023

TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Mampu memahami tunjuk ajar Melayu tentang kepatuhan dan dialogik orang Melayu terhadap alam lingkungan
  • Mampu mendiskusikan tunjuk ajar Melayu tentang kepatuhan dan dialogik orang Melayu terhadap alam lingkungan
  • Mampu menyusun laporan tunjuk ajar Melayu Riau tentang kepatuhan dan dialogik orang Melayu terhadap alam lingkungan

KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan

  1. Memulai kelas dengan salam,
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa (religius).
  3. Melakukan presensi dan menanyakan kabar siswa
  4. Mengaitkan tema, materi, dan kegiatan pembelajaran dengan pengalaman siswa
  5. Mengaitkan dengan materi selanjutnya

2. Kegiatan Inti

NoKegiatanKeterangan
1.PengamatanGuru meminta peserta didik melakukan pengamatanPeserta didik mengamati gambar (foto atau video)
2.literasiPeserta didik membaca materi dan mencari informasi dalam referensi lain
3.KritikGuru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal-hal yang belum dipahamiPeserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi
4.KolaborasiKegiatan mengelompokkan peserta didik untuk melakukan diskusi.Peserta didik mengumpulkan informasi, bertukar informasi mengenai materi, permasalahan, dan pengajuan.
5.KomunikasiMempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikalPendengar mengemukakan pertanyaan atau pendapat dan penyaji mengemukakan tanggapan.
6.kreatifGuru dan peserta didik menyimpulkan pembahasan materi, permasalahan, pengajuan.Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti

3. Kegiatan Penutup

  • Peserta didik membuat rangkuman atau simpulan tentang pembelajaran yang telah diakukan
  • Guru membuat rangkuman atau simpulan tentang pembelajaran yang telah diakukan

PENILAIAN

Penilaian Sikap
Penilaian Pengetahuan

Pekanbaru, Juli 2022
Mengetahui,       

Kepala Sekolah……………………….



……………………………………………
NIP/NRK.

Guru Mata Pelajaran…………………..



………………………………………………..
NIP/NRK.

Perangkat Pembelajaran ini meliputi Prosem BMR, Prota BMR, RPP BMR, dan Silabus BMR. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran SMA/SMK/MA Kelas XI lengkap bisa diunduh pada link di bawah ini: 

Kelas XI versi Microsoft Word
Kelas XI versi RAR

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *