Perangkat pembelajaran adalah perlengkapan khas yang dapat digunakan sebagai petunjuk dan administrasi dan laporan pelaksanaan pengajaran. Perangkat pembelajaran disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran.
Sedangkan menurut pendapat ahli, perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.
Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.
Teknik penggunaan perangkat pembelajaran bisa didownload pada link ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau
Satuan Pendidikan: SMP/MTs
Kelas/Semester: IX/Ganjil
Tahun Pelajaran: 2022/2023
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Mampu mengamati gambar-gambar lanskap bandar-bandar (kota-kota) lama di Riau
- Mampu menjelaskan ciri-ciri fisik bandar-bandar (kota-kota) lama di Riau
- Mampu membuat kliping tentang sejarah bandar-bandar (kota-kota) lama di Riausebagai perwujudan nilai ikhlas dan rela berkorban, menhargai warisan budaya
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
- Memulai kelas dengan salam,
- Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa (religius).
- Melakukan presensi dan menanyakan kabar siswa
- Mengaitkan tema, materi, dan kegiatan pembelajaran dengan pengalaman siswa
- Mengaitkan dengan materi selanjutnya
2. Kegiatan Inti
No Kegiatan Keterangan 1. Pengamatan Guru meminta peserta didik melakukan pengamatanPeserta didik mengamati gambar (foto atau video) 2. literasi Peserta didik membaca materi dan mencari informasi dalam referensi lain 3. Kritik Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal-hal yang belum dipahamiPeserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi 4. Kolaborasi Kegiatan mengelompokkan peserta didik untuk melakukan diskusi.Peserta didik mengumpulkan informasi, bertukar informasi mengenai materi, permasalahan, dan pengajuan. 5. Komunikasi Mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikalPendengar mengemukakan pertanyaan atau pendapat dan penyaji mengemukakan tanggapan. 6. kreatif Guru dan peserta didik menyimpulkan pembahasan materi, permasalahan, pengajuan.Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
3. Kegiatan Penutup
- Peserta didik membuat rangkuman atau simpulan tentang pembelajaran yang telah diakukan
- Guru membuat rangkuman atau simpulan tentang pembelajaran yang telah diakukan
PENILAIAN
Penilaian Sikap
Penilaian Pengetahuan
Pekanbaru, Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Sekolah………………….
………………………………………..
NIP/NRK.
Guru Mata Pelajaran……………………
…………………………………………………
NIP/NRK.
Perangkat Pembelajaran ini meliputi Prosem BMR, Prota BMR, RPP BMR, dan Silabus BMR. Jika hendak mengudahnya, bisa diklik pada tautan berikut:
Perangkat Pembelajaran Pendidikan Budaya Melayu (BMR) SMP/MTs Kelas IX
Perangkat Pembelajaran Pendidikan Budaya Melayu (BMR) SMP/MTs Kelas IX versi Rar
Terima kasih setinggi tinggi nya saya ucapkan atas program budaya melayu riau pada satuan pendidikan tingkat sekolah menengah pertama mudah mudahan ini bermanfaat bagi kami khusus nya warga SMP NEGERI 3 SINABOI dalam mengenal,mengetahui dan mengimplementasikan budaya resam adat melayu yang seyogya nya secara umum Se riau ini dan mayoritas kami suku melayu Serohil.salam takzim melayu bertuah,melayu terbilang dan cemerlang,sabas…
Salam Takzim kembali. Terimakasih
Kek mana cara unduh nya
Klik link warna orange pada bagian akhir teks. Link pertama versi word, dan link kedua versi rar.
Terimakasih bnyk udah mau berbagi..
Smg murah rezekinya dan jadi amal jariah yg diridhoi Allah.. Aamiin
Terimakasih!