Perangkat Pembelajaran BMR SMP/MTs Kelas VIII

Buku Muatan Lokal (Mulok) Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas VIII SMP/MTs ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: kosabudaya.id)

Perangkat pembelajaran adalah perlengkapan khas yang dapat digunakan sebagai petunjuk dan administrasi dan laporan pelaksanaan pengajaran. Perangkat pembelajaran disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran.

Sedangkan menurut pendapat ahli, perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.

Bacaan Lainnya

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran. 

Teknik penggunaan perangkat pembelajaran bisa didownload pada link ini.

RENCANA PELKASANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau
Satuan Pendidikan: SMP/MTs
Kelas/Semester: VIII/Ganjil
Tahun Pelajaran: 2022/2023

TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Mampu mengamati tayangan lanskap kampung tradisional Melayu Riau daratan dan pesisir
  • Mampu menyimak penjelasan guru tentang unsur-unsur pembentuk lanskap kampung tradisional Melayu Riau di daratan dan pesisir
  • Mampu mendiskusikan perbedaan lanskap kampung tradisional Melayu Riau di daratan dan pesisir sebagai wujud  bertanggungawab, serta mensyukuri nikmat-Nya
  • Mampu menyajikan hasil diskusi sebagai wujud bertanggungawab

KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

  • Memulai kelas dengan salam
  • Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa (religius)
  • Melakukan presensi dan menanyakan kabar siswa
  • Mengaitkan tema, materi, dan kegiatan pembelajaran dengan pengalaman siswa
  • Mengaitkan dengan materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti

NoKegiatanKeterangan
1.PengamatanGuru meminta peserta didik melakukan pengamatanPeserta didik mengamati gambar (foto atau video)
2.literasiPeserta didik membaca materi dan mencari informasi dalam referensi lain
3.KritikGuru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal-hal yang belum dipahamiPeserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi
4.KolaborasiKegiatan mengelompokkan peserta didik untuk melakukan diskusi.Peserta didik mengumpulkan informasi, bertukar informasi mengenai materi, permasalahan, dan pengajuan.
5.KomunikasiMempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikalPendengar mengemukakan pertanyaan atau pendapat dan penyaji mengemukakan tanggapan.
6.kreatifGuru dan peserta didik menyimpulkan pembahasan materi, permasalahan, pengajuan. Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti

3. Kegiatan Penutup

  • Peserta didik membuat rangkuman atau simpulan tentang pembelajaran yang telah diakukan
  • Guru membuat rangkuman atau simpulan tentang pembelajaran yang telah diakukan

PENILAIAN

Penilaian Sikap
Penilaian Pengetahuan

Pekanbaru, Juli 2022

Mengetahui,  

Kepala Sekolah…………………….



………………………………………….
NIP/NRK.                                    

Guru Mata Pelajaran……………………………..



…………………………………………………………..
NIP/NRK.

Perangkat Pembelajaran ini meliputi Prosem BMR, Prota BMR, RPP BMR, dan Silabus BMR. Jika hendak mengudahnya, bisa diklik pada tautan berikut:

Perangkat Pembelajaran Pendidikan Budaya Melayu (BMR) SMP/MTs Kelas VIII
Perangkat Pembelajaran Pendidikan Budaya Melayu (BMR) SMP/MTs Kelas VIII Versi Rar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar