Perangkat pembelajaran adalah perlengkapan khas yang dapat digunakan sebagai petunjuk dan administrasi dan laporan pelaksanaan pengajaran. Perangkat pembelajaran disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran.
Sedangkan menurut pendapat ahli, perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.
Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.
Teknik penggunaan perangkat pembelajaran bisa didownload pada link ini.
RENCANA PELKASANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau
Satuan Pendidikan: SMA
Kelas/Semester: XI/Ganjil
Tahun Pelajaran: 2022/2023
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Mampu memahami tunjuk ajar Melayu tentang kepatuhan dan dialogik orang Melayu terhadap alam lingkungan
- Mampu mendiskusikan tunjuk ajar Melayu tentang kepatuhan dan dialogik orang Melayu terhadap alam lingkungan
- Mampu menyusun laporan tunjuk ajar Melayu Riau tentang kepatuhan dan dialogik orang Melayu terhadap alam lingkungan
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
- Memulai kelas dengan salam,
- Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa (religius).
- Melakukan presensi dan menanyakan kabar siswa
- Mengaitkan tema, materi, dan kegiatan pembelajaran dengan pengalaman siswa
- Mengaitkan dengan materi selanjutnya
2. Kegiatan Inti
No Kegiatan Keterangan 1. Pengamatan Guru meminta peserta didik melakukan pengamatanPeserta didik mengamati gambar (foto atau video) 2. literasi Peserta didik membaca materi dan mencari informasi dalam referensi lain 3. Kritik Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal-hal yang belum dipahamiPeserta didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi 4. Kolaborasi Kegiatan mengelompokkan peserta didik untuk melakukan diskusi.Peserta didik mengumpulkan informasi, bertukar informasi mengenai materi, permasalahan, dan pengajuan. 5. Komunikasi Mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikalPendengar mengemukakan pertanyaan atau pendapat dan penyaji mengemukakan tanggapan. 6. kreatif Guru dan peserta didik menyimpulkan pembahasan materi, permasalahan, pengajuan.Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
3. Kegiatan Penutup
- Peserta didik membuat rangkuman atau simpulan tentang pembelajaran yang telah diakukan
- Guru membuat rangkuman atau simpulan tentang pembelajaran yang telah diakukan
PENILAIAN
Penilaian Sikap
Penilaian Pengetahuan
Pekanbaru, Juli 2022
Mengetahui,
Kepala Sekolah……………………….
……………………………………………
NIP/NRK.
Guru Mata Pelajaran…………………..
………………………………………………..
NIP/NRK.
Perangkat Pembelajaran ini meliputi Prosem BMR, Prota BMR, RPP BMR, dan Silabus BMR. Untuk mendapatkan perangkat pembelajaran SMA/SMK/MA Kelas XI lengkap bisa diunduh pada link di bawah ini: