Perangkat pembelajaran adalah perlengkapan khas yang dapat digunakan sebagai petunjuk dan administrasi dan laporan pelaksanaan pengajaran. Perangkat pembelajaran disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran.
Sedangkan menurut pendapat ahli, perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.
Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.
Teknik penggunaan perangkat pembelajaran bisa didownload pada link ini.
RENCANA PELKASANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau
Satuan Pendidikan: SD/MI
Kelas/Semester : II /Ganjil
Tahun Pelajaran: 2021/2022
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Mengetahui legenda Melayu Riau (asal mula nama negeri/kampung/ tempat” bertemakan asas-asas jati diri Melayu (sesuai daerah masing-masing
- Mampu mengikuti bacaan yang dibacakan guru
- Mengetahui kandungan teks legenda
- Mampu menyebutkan sifat-sifat tokoh sesuai teks legenda
- Mampu mempraktikkan karakter/ sifat tokoh dalam legenda
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
- Memulai kelas dengan salam
- Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa (religius)
- Melakukan presensi dan menanyakan kabar siswa
- Mengaitkan tema, materi, dan kegiatan pembelajaran dengan pengalaman siswa
- Mengaitkan dengan materi selanjutnya
2. Kegiatan Inti
No Kegiatan Keterangan 1. Pengamatan Guru meminta peserta didik melakukan pengamatanPeserta didik mengamati gambar 2. literasi Peserta didik memnyimak bacaan materi dari guru 3. Kritik Guru memberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi hal-hal yang belum dipahamiPeserta didik menanggapi atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi 4. Kolaborasi Kegiatan mengelompokkan peserta didik.Peserta didik bekerja sama menyelasaikan tugas. 5. Komunikasi Peserta didik saling berinteraksi dalam kelompok. 6. kreatif Guru dan peserta didik menyimpulkan pembahasan materi, permasalahan, pengajuan.Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
3. Kegiatan Penutup
- Guru dan peserta didik membuat rangkuman atau simpulan tentang pembelajaran yang telah diakukan
- Peserta didik menyebutkan kembali rangkuman atau simpulan tentang pembelajaran yang telah diakukan
PENILAIAN
Penilaian Sikap
Penilaian Pengetahuan
Pekanbaru, Juli 2020
Mengetahui,
Kepala Sekolah…………………..
……………………………………….
NIP/NRK.
Guru Mata Pelajaran……………………..
………………………………………………….
NIP/NRK.
Perangkat Pembelajaran ini meliputi Prosem BMR, Prota BMR, RPP BMR, dan Silabus BMR. Jika hendak mengudahnya, bisa diklik pada tautan berikut: