Perangkat Pembelajaran BMR SD/MI Kelas IV

Buku Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas IV SD/MI ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: kosabudaya.id)

Perangkat pembelajaran adalah perlengkapan khas yang dapat digunakan sebagai petunjuk dan administrasi dan laporan pelaksanaan pengajaran. Perangkat pembelajaran disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran.

Sedangkan menurut pendapat ahli, perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.

Bacaan Lainnya

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran. 

Teknik penggunaan perangkat pembelajaran bisa didownload pada link ini.

RENCANA PELKASANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau
Satuan Pendidikan: SD/MI
Kelas/Semester: IV/Ganjil
Tahun Pelajaran: 2022/2023

TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Mengetahui ekologi fisik alam Riau
  • Memahami fungsi ekologi sungai, suak dan rawa-rawa di Riau
  • Memahami fungsi dan manfaat sungai, suak dan rawa bagi makhluk hidup di Riau
  • Mampu mendiskusikan ekologi fisik alam Riau

KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

  • Memulai kelas dengan salam
  • Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa (religius)
  • Melakukan presensi dan menanyakan kabar siswa
  • Mengaitkan tema, materi, dan kegiatan pembelajaran dengan pengalaman siswa
  • Mengaitkan dengan materi selanjutnya

2. Kegiatan Inti

NoKegiatanKeterangan
1.PengamatanGuru meminta peserta didik melakukan pengamatanPeserta didik mengamati gambar
2.literasiPeserta didik memnyimak bacaan materi dari guru
3.KritikGuru memberikan kesempatan untuk bertanya atau menanggapi hal-hal yang belum dipahamiPeserta didik menanggapi atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi
4.KolaborasiKegiatan mengelompokkan peserta didik.Peserta didik bekerja sama menyelasaikan tugas.
5.KomunikasiPeserta didik saling berinteraksi dalam kelompok.
6.kreatifGuru dan peserta didik menyimpulkan pembahasan materi, permasalahan, pengajuan.Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dimengerti

3. Kegiatan Penutup

  • Guru dan peserta didik membuat rangkuman atau simpulan tentang pembelajaran yang telah diakukan
  • Peserta didik menyebutkan kembali rangkuman atau simpulan tentang pembelajaran yang telah diakukan

PENILAIAN

Penilaian Sikap
Penilaian Pengetahuan

Pekanbaru, Juli 2022
Mengetahui,

Kepala Sekolah………………. 



…………………………………
NIP/NRK.   

Guru Mata Pelajaran…………………..



………………………………………………
NIP/NRK.  

Perangkat Pembelajaran ini meliputi Prosem BMR, Prota BMR, RPP BMR, dan Silabus BMR. Jika hendak mengudahnya, bisa diklik pada tautan berikut:

Perangkat BMR Kelas IV SD/MI versi Microsoft Word
Perangkat BMR Kelas IV SD/MI versi zip

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 Komentar

  1. Semoga dengan bergabungnya dgn komunitas ini dapat meningkatkan pengetahuan guru dan siswa ttg Budaya Melayu Riau dan mengaplikasikannya dalam pembelajarannya