Kunci Jawaban & Pembahasan BMR Bab 4 Kelas XI

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: XI SMA/SMK/MA
Bab 4: Perjuangan Rakyat Riau setelah Kemerdekaan

Soal-soal evaluasi ini merujuk kepada buku siswa Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas XI.
Klik di sini untuk melihat tinjauan buku.

Bacaan Lainnya

I Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban yang benar!

1. Pemuda mengepung Mountbatten Hotel, Pekanbaru, pada 18 November 1945. Pasukan pengepung dikomandoi oleh…
a. Kolonel Hasan Basri
b. Arifin Ahmad
c. Soebrantas
d. SM Amin
e. Kaharuddin Nasution

Pembahasan:
Pemboncengan menyebabkan terjadinya peristiwa bendera di Mountbatten Hotel, Pekanbaru, 18 November 1945. Di bawah komando Kolonel Hasan Basri, sekitar 1.000 orang pemuda bersenjatakan antara lain tombak dan bambu runcing mengepung hotel tersebut. Pasalnya, mereka melihat, tentara Belanda bekas tahanan Jepang dan ikut menginap di hotel tersebut, berkeliaran di kota dengan angkuh. 

Jawaban: a. Kolonel Hasan Basri

2. Pertempuran di Tanjungkilang Durai terjadi pada… 
a. 20 Juli 1946
b. 20 Juni 1946
c. 20 Juli 1947
d. 20 Juni 1947
e. 20 Agustus 1946

Pembahasan:
Di antara pertempuran yang terkenal adalah penyerangan ke Tanjungkilang pulau Durai, 20 Juli 1946.  Tempat ini merupakan pos motor-motor patroli Belanda, berkekuatan tentara satu peleton yang bila-bila masa bisa menambah kekuatannya dari Tanjungbatu, Kepulauan Riau. Dari pulau ini pula mereka senantiasa berpatroli yang menghambat pelayaran di Inderagiri khususnya dari dan ke Singapura. Tokoh pejuang yang muncul dalam peristiwa ini antara lain Kapten Muchtar dan Letnan M. Boya. 

Jawaban: a. 20 Juli 1946

3. Pemuda Bengkalis di bawah pimpinan M. Nurdin Yusuf menyerbu markas Angkun dan melumpuhkannya pada…
a. 17 Agustus 1945
b. 17 September 1945
c. 17 Oktober 1945
d. 17 November 1945
e. 17 Desember 1945

Pembahasan:
Pembonceng itu ternyata tidak saja Belanda sebagai anggota sekutu dan pemenang perang dunia kedua, tetapi juga oleh kelompok tertentu dengan maksud menguasai wilayah Indonesia. Di Bengkalis, kelompok tersebut membentuk pasukan Angkun pada pertengahan September 1945. Pasukan ini  tidak saja berdatangan dari daerah sekitar seperti Bandul dan Sungaipakning, tetapi juga dari Semenanjung Malaya, di bawah pimpinan Oei Tan Sia. Mereka menghukum semena-mena sejumlah tentara Jepang sehingga memunculkan amarah besar. Pasukan Angkun menemui Bupati Bengkalis, Datuk Ahmad, agar menyerahkan pemerintahan ke tangan mereka. Di bawah pimpinan M. Nurdin Yusuf yang dibantu M. Syarif Harun, Ahmad Maulana, Kosen, dan Rasimin, pemuda Bengkalis menyerbu markas Angkun sekaligus melumpuhkan mereka pada 17 Oktober 1945.

Jawaban: c. 17 Oktober 1945

4. Belanda memblokade muara-muara sungai besar di Riau yang meliputi…
a. Siak dan Indragiri 
b. Kampar dan Indragiri
c. Siak dan Rokan 
d. Kampar dan Rokan
e. Kuantan dan Siak

Pembahasan:
Menurut Muchtar Lutfi dkk., (1977) berbagai perlawanan diperlihatkan rakyat Riau, apalagi setelah 27 Juli 1947, Belanda memblokade muara-muara sungai penting seperti Siak dan Inderagiri, di samping memperkuat patroli di perairan sepanjang pantai Timur terutama antara Panipahan sampai Kuala Enok. Tercatat pertempuran di Tanjung Datuk, selain konfrontasi di Tanjung Layang, Perigi Raja, Sungai Belah, dan Kuala Mandah. Begitu pula tembak-menembak di pantai Bengkalis, Selatpanjang, Tanjung Samak, Tanjung Labu, dan Ketam Putih. 

Jawaban: a. Siak dan Indragiri 

5. Belanda melakukan Agresi Militer I dan tidak berhasil menguasai Riau. Tentara Belanda dibantu oleh pasukan…
a. Inggris
b. Jepang
c. Amerika Serikat
d. Cina
e. sekutu

Pembahasan:
B. Agresi Belanda I
Berbeda dengan pemboncengan yang dilakukan oleh kelompok yang tidak menginginkan kemerdekaaan Indonesia, tindakan serupa juga dilakukan oleh Belanda. Tapi Belanda lebih terkonsep dan menyeluruh. Di dukung penuh oleh sekutu, pertempuran-pertempuran dengan Belanda tidak bisa dihindari. Kawasan-kawasan pesisir seperti perairan di Inderagiri Hilir dan Bengkalis menjadi sasaran penyerangan Belanda sejak akhir 1945. 

Jawaban: e. sekutu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *