Kunci Jawaban & Pembahasan BMR Bab 5 Kelas XI

Buku Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas XI SMA/SMK/MA ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: kosabudaya.id)

Soal-soal evaluasi ini merujuk kepada buku siswa Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas XI terbitan Narawita Swarna Persada. Buku ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Klik di sini untuk melihat tinjauan buku.

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: XI SMA/SMK/MA
Bab 5: Keragaman Pakaian Pengantin Melayu

Bacaan Lainnya

I. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu yang paling benar!

1. Orang Melayu meletakkan keris pada pending bagian depan tubuh sebelah kiri. Penamaan lain dari pending adalah…

a. ikat pingang       
b. sabuk                 
c. kain samping
d. kain pinggang
e. sunting

Pembahasan:
Orang Melayu memadupadankan jenis pakaian dengan tata cara memakainya. Memakai tanpa aturan dapat menjadi umpatan melanggar adat dan ketentuan. Misalnya, keris harus diletakkan pada ikat pinggang (pending) di bagian depan tubuh sebelah kiri. Letak keris harus sesuai aturan agar simbol keberanian bagi seorang laki-laki tampak wujudnya.

Jawaban: a. ikat pinggang

2. Pakaian pengantin Melayu biasanya dibedakan di setiap prosesi. Pakaian pengantin perempuan pada upacara malam berinai adalah…

a. kebaya pendek    
b. kebaya laboh atau baju kurung teluk belanga
c. baju cakak musang  
d. baju kurung johor
e.  kebaya langsung

Pembahasan:
Pakaian pengantin perempuan pada upacara malam berinai memakai pakaian kebaya laboh atau baju kurung teluk belanga, memakai hiasan dan perhiasan serta memakai sanggul Melayu.

Jawaban: b. kebaya laboh atau baju kurung teluk belanga

3.   Muka pengantin dibersihkan dan bulu romanya dicukur, rambut halus keningnya dibentuk dan dihias. Orang Melayu menamakan prosesi ini dengan istilah…

a. berdandan          
b. berandam           
c. tepung tawar
d. bercukur
e. berhias

Pembahasan:
Berandam ialah mencukur bulu-bulu tertentu dibagian badan jasmani calon istri dan calon suami. Mencukur dilakukan terhadap bulu roma yiatu bulu dibagian wajah, bulu-bulu bagian tengkuk, dan bulu di bagian lain. Maksud berandam adalah untuk memelihara dan membentuk kecantikan secara zahir dan batin bagi calon istri dan calon suami yang akan melaksanakan pernikahan dan perkawinan, sebagai usaha membersihkan daki dunia dan dan akhirat. Berandam juga bermakna sebagai simbol atau lambang dalam rangka persiapan diri calon pengantin perempuan untuk berumah tangga.

Jawaban: b. berandam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *