Jawaban Esai BMR Kelas XI SMA/SMK/MA Bab 5 Keragaman Pakaian Pengantin Melayu

Buku Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas XI SMA/SMK/MA ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: kosabudaya.id)

II Esai
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan ringkas!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan raja dan ratu sehari.

Bacaan Lainnya

Jawaban:
Orang Melayu menyebut pengantin sebagai raja dan ratu sehari. Dalam upacara pernikahan, pengantin layak dilayani seperti pelayanan terhadap raja dan ratu.

2. Jelaskan bagaimana perbedaan pakaian pengantin dalam upacara berinai, ijab kabul, dan bersanding.

Jawaban:
Pakaian pengantin perempuan pada upacara malam berinai memakai pakaian kebaya laboh atau baju kurung teluk belanga, memakai hiasan dan perhiasan serta memakai sanggul Melayu.

Pakaian pengantin pada acara akad nikah atau ijab kabul, memakai baju kurung teluk belanga atau baju kurung kebaya laboh, kepala ditutup dengan hiasan serta memakai tudung mente. Pada dada diberi perhiasan dokoh bertingkat, pakai pending, pakai sebai. Prosesi berpakaian ini dilakukan dalam kamar pengantin.

Pakaian pengantin pada upacara bersanding atau berlangsung, pengantin perempuan memakai pakaian melayu kebaya laboh atau baju kurung teluk belanga lengkap dengan pelengkap lainnya. Pada kepala memakai pekakas andam dan di kening diletakkan ramen perhiasan emas atau dibuat dari tekatan benang emas, dada dihiasi dengan dokoh bertingkat, lengan diberi gelang berkepala naga, di lengan bawah memakai gelang patah semat, sedangkan di kaki dikenakan gelang emas berlipat rotan. Di bahu kanan memakai sebai bertekat emas berjurai kelengan, pada pinggang memakai pending emas, pada jari dipakaikan canggai. Canggai hanya terlekat di ibu jari dan dijari kelingking (kedua belah tangannya). Kaki dipakai sepatu tertutup jari berwarna sesuai dengan kehendak pengantin berhak sedang yang disebut selepa.

3.   Uraikan aksesori yang digunakan pada pakaian pengantin Melayu.

Jawaban:
Aksesori pengantin perempuan
1.   sanggul Melayu
2.   sanggul lipat pandan
3.   bunga cempaka
4.   bunga melur
5.   bunga tanjung
6.   tudung mente
7.   mahkota
8.   dokoh bertingkat
9.   pending
10. sebai
11. ramen
12. gelang berkepala naga
13. gelang patah semat
14. gelang emas berlipat rotan
15. canggai
16. selepa

Aksesori pengantin laki-laki
1.   tanjak
2.   destar berbentuk mahkota
3.   sebai
4.   kain samping
5.   bengkung
6.   keris
7.   kalung panjang
8.   sirih lelat
9.   kasut capal
10. sepatu kulit

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *