Jawaban Esai BMR Kelas XI Bab 6 Seni Pertunjukan Melayu Riau

Buku Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas XI SMA/SMK/MA ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: kosabudaya.id)

II Esai

Jawablah pertanyaan berikut dengan ringkas dan jelas!

Bacaan Lainnya

1. Sebutkan beberapa jenis seni pertunjukan yang terdapat di Riau!

Jawaban:
Randai kuantan, koba, nyanyi panjang, kayat, madihin, lamut, kompang, kayat

2. Sebutkan alat musik yang digunakan dalam seni pertunjukan kayat!

Jawaban:
Kayat pantun merupakan pertunjukan berupa nyanyian berbentuk pantun yang diiringi musik piul (biola) dan gendang. Dimainkan oleh tiga hingga lima orang pemain yang terdiri dari tukang piul, tukang gendang, dan seorang penyanyi. Penyanyi kayat umumnya perempuan, tetapi terdapat juga laki-laki. 

3. Jelaskan sejarah awal mula seni pertunjukan bedike!

Jawaban:
Sejarah seni pertunjukan bedike dimulai dari ritual pengobatan bedike. Pengobatan ini berkembang dalam beberapa komunitas adat di Riau seperti masyarakat Sakai, Rokan, Akit, Hutan, dan Hatas.

Istilah bedike berasal dari kata zikir atau berzikir. Ritual ini perpaduan pertunjukan selap (pingsan atau hilang ingatan dan sebagainy karena kerasukan roh), tarian, dan nyanyian. Dalam menjalankan tugasnya, kemantan dibantu oleh beberapa dibalak (pembantu laki-laki) dan didayak (pembantu perempuan), serta seorang penabuh gendang (bidu, dari istilah Melayu ‘biduanda’, ‘bujang nobat’ dalam kelongkap).

Kini ritual pengobatan bedike menjadi sebuah seni pertunjukan yang sering ditampilkan dalam berbagai festival.

4. Jelaskan apa saja tahapan-tahapan yang terdapat dalam penyajian seni pertunjukkan randai kuantan?

Jawaban:

Tahapan-tahapan dalam pertunjukan randai adalah:
1) perarakan masuk
2) persembahan (prolog)
3) lakon
4) nyanyian dan musik, dan
5) perarakan keluar.

Perarakan masuk dilakukan saat pemain dan pemusik randai masuk ke dalam laman randai secara beriringan dalam satu barisan. Para pemain kemudian membentuk suatu lingkaran dan pemain musik keluar dari barisan lalu menuju tempat yang  telah disiapkan. 

Prolog dalam randai berbentuk tarian dan nyanyian yang berfungsi sebagai pengantar dari jalan cerita. Lakon berupa dialog tanpa naskah atau hanya improvisasi pelakon yang disesuaikan dengan garis-garis besar jalan cerita. Lakon disusun dalam beberapa babak dan setiap babak diakhiri dengan nyanyian, sedangkan perarakan keluar dilakukan setelah pertunjukan  selesai, yang dilakukan seperti perarakan masuk.

5. Jelaskan apa saja tahapan-tahapan yang terdapat dalam penyajian seni pertunjukkan mamanda.

Jawaban:
Tahapan pertunjukan mamanda adalah lagu, ladon atau konon, perkenalan penganan dan pangiwa, sidang kerajaan, dan babujukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *