Kunci Jawaban & Pembahasan BMR Bab 5 Kelas X

Buku Muatan Lokal Budaya Melayu Riau (BMR) K13 untuk Kelas X SMA/SMK/MA ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. (foto: kosabudaya.id)

Soal-soal evaluasi ini merujuk kepada buku siswa Muatan Lokal (Mulok) Pendidikan Budaya Melayu Riau (BMR) K13 Kelas X terbitan Narawita Swarna Persada. Buku ditulis oleh Taufik Ikram Jamil, Derichard H. Putra, dan Syaiful Anuar. Klik di sini untuk melihat tinjauan buku.

Mata Pelajaran: Budaya Melayu Riau (BMR)
Kelas: X SMA/SMK/MA
Bab 5: Pakaian Melayu Riau

Bacaan Lainnya

I   Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban yang benar!

1. Dalam ungkapan dikatakan kalau memakai pakaian adat, tuah bangkit marwah melekat. Dari ungkapan itu, pakaian adat Melayu diyakini memiliki…

a. magis                 
b. tuah                   
c. kekuatan
d. strata sosial tinggi
e. energi

Pembahasan:
Menegakkan tuah, membangkitkan marwah sebagai filosofi yang mengacu kepada menegakkan tuah. Keduanya banyak ditemui dalam alat dan perlengkapan pakaian adat Melayu. Hal ini dapat dilihat antara lain lambang-lambang dipakai, jumlah alat dan perlengkapannya. Orang tua-tua mengatakan kalau memakai pakaian adat, tuah bangkit marwah melekat.

Jawaban: b. tuah      

2. Fungsi pakaian bagi orang Melayu dibedakan menjadi tiga bagian. Berikut fungsi pakaian…
a. fungsi pokok, adat, dan estetis
b. fungsi pokok, identitas, dan adat
c. fungsi adat, pokok, dan kemewahan
d. fungsi estetis, adat, dan identitas
e.  fungsi adat, identitas, dan estetis

Pembahasan:
Fungsi pakaian dalam budaya Melayu dapat dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu fungsi pokok, fungsi adat, dan fungsi estetis.

Jawaban: a. fungsi pokok, adat, dan estetis

3.   Pakaian Melayu diyakini berfungsi untuk menolak bala (dosa). Untuk dapat terhindar dari dosa, maka pakaian harus sesuai dengan…

a.  syariat                
b. situasi kondisi     
c.  corak
d. warna
e. simbol

Pembahasan:
Menolak bala dilihat dari berbagai lambang, alat dan kelengkapan pakaian adat itu sendiri. Dengan menggunakan pakaian yang sesuai syariat, maka seseorang Melayu terhindar dari dosa dan petaka dunia akhirat.

Jawaban: a. syariat   

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *