Mewarnai Gambar Alam Riau

Bunga. (foto: guruku.kosabudaya.id)

A. ALAM RIAU
Saujana alam Riau terdiri dari daratan dan pesisir. Di daratan membentang hutan hujan tropis. Di dalam hutan terdapat berbagai jenis hewan dan tumbuhankayu yang tumbuh subur. Alam Daratan juga dihiasi dengan sungai-sungai panjang yang meliuk-liuk dan danau-danau yang luas.

Di wilayah pesisir, hutan bakau menghiasi bibir-bibir pantai yang indah. Deburan ombak laut biru menghempas pantai-pantai berpasir putih dan bersih. Alam pesisir juga dihiasi dengan tasik dan rawa-rawa hutan gambut yang sangat subur.

Bacaan Lainnya
Sawah membentang di Inderagiri Hulu (foto: guruku.kosabudaya.id)

B. WARNA ALAM RIAU
Alam Riau menghadirkan beraneka macam warna. Warna tersebut bersumber dari keragaman bentang saujana yang terdapat di dalamnya. Keragaman jenis tumbuh-tumbuhan, perbukitan, rawa-rawa, lautan, sungai, dan bentang alam lainnya menjadikan alam Riau semakin sedap di pandang mata.

Warna alam Riau didominasi oleh hijau, biru, kuning, merah dan putih. Perpaduan antar warna juga akan menghadirkan warna-warna lain yang indah. Adakalanya warna-warna tersebut berubah ketika disinari matahari pagi dan senja.

Warna hijau dihasilkan oleh kekayaan beragam jenis tumbuh-tumbuhan seperti  bakau, sagu, karet, kelapa, meranti, dan padi.  Tumbuhan tersebut terdapat di hutan maupun perkebunan yang sersebar luas di seluruh wilayah Riau. 

Batang Gangsal di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT). (foto: guruku.kosabudaya.id)

Hutan dan perkebunan tersebar di seluruh bentang alam Riau. Hutan dapat berupa rimba larangan seperti rimba kepungan sialang, hutan marga satwa, dan taman nasional, sedangkan perkebunan berupa kebun karet, sagu, kelapa, dan ladang padi.

Warna biru dihasilkan oleh lautan yang dihiasi oleh langit. Warna biru menyatu dengan pasir putih yang terdapat di bibir pantai. Kedua warna ini semakin indah ketika deburan ombah silih berganti gulung menggulung. Awan putih berarak dan pelangi datang menghiasi ujung langit.

Warna kuning dan merah dihasilkan oleh sinar matahati pagi dan senja. Mentari pagi menyebul dibalik bukit-bukit nan menghijau. Adakalanya waktu senja mentari berwarna merah menghias dari ufuk barat. Perpaduan kedua warna menghasilkan gradasi warna alam Riau yang semakin indah.

Rujukan:
Derichard H. Putra. 2024. Budaya Melayu Riau Kurikulum Merdeka untuk SD/MI Kelas II. Pekanbaru: Penerbit Narawita

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *