Kreasi Pakaian Melayu Riau

Baju Kebaya Melayu Riau. (foto: kosabudaya.id)

A. Kreasi Pakaian
Kreasi pakaian Melayu Riau adalah proses kreatif dalam menumbuhkembangkan keragaman pakaian berasaskan budaya Melayu Riau. Hasil kreasi menghadirkan jenis atau model pakaian baru yang berbeda dari pakaian yang telah ada, sehingga berperan penting dalam pemanfaatan dan pelestarian produk-produk kebudayaan. Hasil kreasi juga akan meningkatkan kecintaan kepada kepada pakaian tradisional sekaligus mengikuti model kekinian.

Kreasi pakaian dapat diterapkan terhadap keseluruhan ataupun sebagian dari perlengkapan pakaian yaitu pakaian pokok dan pakaian pendukung (pelengkap). Perlengkapan pakaian pokok terdiri atas baju, seluar (laki-laki) atau kain bawahan (perempuan), kain samping, dan penutup kepala. Perlengkapan pakaian pendukung atau aksesori merupakan hiasan dari suatu pakaian misalnya kasut, selempang, kalung, pending, keris, ramin, perkakas andam, dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Di dalam pelaksanaanya, proses kreasi pakaian Melayu Riau dilakukan dalam dua bentuk yaitu:
• menciptakan pakaian 
• memodifikasi pakaian. 

Menciptakan pakaian adalah merancang jenis pakaian baru yang bersumber dari kemampuan mengeksploitasi keragaman budaya, sedangkan memodifikasi pakaian adalah merancang pakaian sehingga menghasikan varian atau model pakaian baru berlandaskan jenis pakaian tradisional Melayu yang telah ada. Kedua bentuk kreasi ini diperlukan pengetahuan mendalam tentang keragaman budaya Melayu Riau dan keragaman jenis pakaian tradisional Melayu Riau. 

B. Aspek-aspek Kreasi Pakaian Melayu Riau
Kreasi pakaian Melayu Riau pada dasarnya adalah kemampuan untuk menghadirkan keragaman jenis pakaian baru yang belum ada atau berbeda dari jenis pakaian sebelumnya. Proses kreasi tersebut dapat dilakukan dalam dua bentuk yaitu menciptakan pakaian dan memodifikasi pakaian. Dari kedua bentuk kreasi tersebut, proses kreasi dilakukan terhadap tiga aspek yaitu:

  • kreasi jenis
  • kreasi warna
  • kreasi motif.

Di dalam memodifikasi pakaian, ketiga bentuk kreasi dilakukan secara keseluruhan ataupun hanya sebagian.

1. Kreasi Jenis
Kreasi jenis adalah kreasi yang berorientasi atau berfokus kepada jenis pakaian. Kreasi jenis dalam menciptakan pakaian dilakukan dengan mengeksplorasi keberagaman budaya sehingga dari eksplorasi tersebut menghadirkan jenis pakaian baru. Produk hasil kreasi baik perlengkapan pokok maupun perlengkapan pendukung tidak lagi terpengaruh atau keluar dari jenis pakaian Melayu yang telah ada, tetapi tetap menggambarkan budaya Melayu di dalamnya. Di dalam kreasi ini, kreator mempelajari salah satu atau beberapa khasanaah budaya kemudian mewujudkannya dalam bentuk pakaian.

Kreasi jenis dalam memodifikasi pakaian dilakukan dengan mengubahsuai jenis pakaian Melayu yang telah ada sehingga menghasilkan corak baru. Produk hasil kreasi memodifikasi pakaian masih terpengaruh atau menununjukan karakter yang kuat dari jenis pakaian Melayu yang telah ada. Kreator di dalam kreasi bentuk ini dapat menambah, mengurangi, mengubah, ataupun bentuk-bentuk kreatif lainnya.

Langkah-langkah kreasi jenis dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Memahami beragam khasanah budaya Melayu dan jenis-jenis pakaian Melayu
  • Memahami prinsip pakaian Melayu
  • Membuat rancangan pakaian kreasi
  • Menjahit pakaian kreasi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *